Cara Budidaya Jamur Tiram Putih Terbaik

Cara Budidaya Jamur Tiram Putih Terbaik

Cara budidaya jamur tiram putih РPada dasarnya jamur tiram ini merupakan jamur yang harganya bisa dibilang paling murah di antara jamur-jamur yang lain, hal itu disebabkan karena kata mereka yang sudah mencoba mempraktikannya budidayanya jauh lebih mudah ketimbang budidaya jamur-jamur lain. Maka tak heran jika banyak orang lebih memilih untuk budidaya jamur tiram. student portal ini memang tergolong lebih sederhana ketimbang jamur-jamur yang lainnya. Nah pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba untuk memberikan ulasan tentang cara budidaya jamur tiram putih.

Cara budidaya jamur tiram putih untuk anda

Memang budidaya jamur tiram putih ini sangat cocok untuk daerah tropis seperti indonesia ini. Modal yang diperlukan dalam budidaya jamur tiram putih ini bisa dibilang cukup murah dan bisa dilakukan secara bertahap. Namun bagian yang paling sulit adalah ketika membuat baglog, sebuah media tanam yang telah diinokulaikan  dengan bibit jamur.

Perlu anda ketahui bahwa nama latin dari jamur tiram ini adalah Pleurotus ostreatus, yang terdapat dalam kelompok Basidiomycota. Disebut jamur tiram putih karena bentuk tajuknya hampir mirip seperti kulit tiram. Jamur tiram ini berwarna putih berbentuk setengah lingkaran. Sedangkan di alam bebas jamur tiram ini biasa dijumpai pada kayu-kayu yang sudah lapuk.

Cara Budidaya Jamur Tiram Putih Terbaik

Cara budidaya jamur putih tepat guna

Terdapat dua kegiatan atau tahapan dalam melakukan budidaya jamur tiram putih, di antaranya adalah:

  • Tahap awal adalah membuat media tanam dan melakukan enginokulasi bibit jamur ke dalam media tanam tersebut. Sehingga media tersebut akan ditumbuhi oleh miselium yang berwarna putih seperti kapas.
  • Sementara untuk tahap yang kedua adalah menumbuhkan miselium tersebut menjadi badan buah.

Namun biasanya untuk mereka yang tidak mau ribet, maka mereka akan memilih untuk membeli baglog dan memulai budidaya di rumah masing-masing. Tentu cara itu lebih mudah ketimbang harus membuat sendiri, karena sudah pasti jadi dan berhasil. Caranya cukup mudah, tinggal kita menyiram setiap hari, merawat selayaknya tumbuhan biasa.

Anda bisa membeli ke petani-petani jamur atau ke penyedia bibit unggul untuk jamur tiram tersebut. Di sana anda akan dengan mudah mendapatkannya.

Demikianlah pembahasan tentang cara budidaya jamur tiram putih. Semoga dapat bermanfaat.