Hal-Hal yang Harus Diketahui Mengenai Pelatihan SDM Sertifikasi

Hal-Hal yang Harus Diketahui Mengenai Pelatihan SDM Sertifikasi

Pelatihan SDM Sertifikasi dapat meningkatkan kinerja karyawan yang optimal dan sesuai target yang telah ditentukan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan suatu perusahaan. Melalui kinerja yang baik tersebut karyawan dapat menerapkan keterampilan yang mereka miliki untuk menjalankan langkah-langkah strategis perusahaan. Kondisi seperti ini dapat terwujut jika perusahaan dapat mengelola SDM atau sumber daya manusia secara tepat dan memberikan karyawan ruang untuk mereka mengembangkan keterampilan yang mereka miliki. Itulah mengapa pelatihan semacam ini sangat diperlukan perusahaan.

Saat ini kementrian ketenaga kerjaan telah memberlakukan kebijakan tentang wajib sertifikasi profesi. Sertifikasi profesi menadi sangat penting untuk mengikapi tantangan diera globlalisasi dan pasar yang kompetitif yang mewajibkan suatu kelompok, komunitas, organisasi dan negara untuk memilki ketahanan dan daya saing dalam bentuk pengembangan sumber daya manusia yang sebagai “intelectual aset” menjadi salah satu faktor yang penting untuk memberikan dukungan terhadap produktifitas dan daya kompetitif suatu perusahaan.

Hal-Hal yang Harus Diketahui Mengenai Pelatihan SDM Sertifikasi

Adapun beberapa lembaga yang menyediakan pelatihan SDM dan sertifikasinya yaitu LSP atau Lembaga sertifikasi profesi merupakan suatu lembaga yang menyelenggarakan kegiatan sertifikasi profesi yang mendapakan lisensi dari BNPS atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Lesensi tersebut diberikan setelah melewati proses akreditasi dari BNPS yang mengeluarkan pernyataan bahwa lembaga tersbut telah telah memenuhi persyaratan untuk menyelenggarakan kegiatan sertifikasi profesi. Selain LSP masih banyak lagi lembaga lembaga lainya yang dapat memberikan sertifikasi sebuah profesi.

Sertifikasi ini memilki banyak sekali manfaat baik bagi tenaga kerja maupun bagi industri. Bagi tenaga kerja manfaat yang didapatkan diantaranya yaitu membantu meyakinkan industri tempatnya bekerja bahwa dirinya berkompeten dalam bidang tersebut, membantu tenaga kerja dalam memenuhi persyaratan, membantu tenaga kerja mendapatkan pengakuan kompentensi lintas sektor bahkan lintas negara dan membantu tenaga kerja untuk merangcang karirnya. Bagi industri sendiri dapat membantu industri untuk meyakinkan klienya bahwa jasa yang dibuat merupakan kasil kerja tenaga kerja yang kompeten, membbantu industri dalam sistem pengembangan karir pekerja dan membantu dalam perekrutan dan pengembangan tenaga kerja.